Download Buku Pembelajaran H.O.T.S (Higher Order Thinking Skills)

💬 : 0 comment

Defenisi H.O.T.S (Higher Order Thinking Skills)

Higher Order Thinking Skills adalah  proses  berpikir  kompleks  dalam  menguraikan  materi,  membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan  aktivitas  mental  yang  paling  dasar. Resnick  (1987)

Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian. Pertama adalah keterampilan tingkat  rendah  yang  penting  dalam  proses  pembelajaran,  yaitu:  mengingat (remembering),  memahami  (understanding),  dan  menerapkan  (applying),  dan  kedua adalah  yang  diklasifikasikan  ke  dalam  keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi  berupa keterampilan  menganalisis  (analyzing),  mengevaluasi  (evaluating),  dan  mencipta (creating).

HOTS pada dasarnya memiliki 5 kompetensi, yaitu:
  1. berpikir kritis (criticial thinking)
  2. kreatif dan inovasi (creative and innovative)
  3. kemampuan berkomunikasi  (communication  skill)
  4. kemampuan  bekerja  sama  (collaboration)
  5. kepercayaan  diri  (confidence)

Konsep Berfikir Tingkat Tinggi

Keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi  yang  dalam  bahasa  umum  dikenal  sebagai  Higher Order Thinking Skills (HOTS) dipicu oleh empat kondisi berikut:
  1. Sebuah situasi belajar tertentu yang memerlukan strategi pembelajaran yang spesifik dan tidak dapat digunakan di situasi belajar lainnya.
  2. Kecerdasan yang tidak lagi dipandang sebagai kemampuan  yang tidak dapat diubah, melainkan kesatuan pengetahuan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terdiri dari lingkungan belajar, strategi, dan kesadaran dalam belajar.
  3. Pemahaman pandangan yang telah bergeser dari unidimensi, linier, hirarki atau spiral menuju pemahaman pandangan ke multidimensi dan interaktif.
  4. Keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi  yang  lebih  spesifik  seperti  penalaran, kemampuan  analisis,  pemecahan  masalah,  dan  keterampilan  berpikir  kritis  dan kreatif. 

Download Buku Ebook HOTS/ Higher Order Thinking Skills Kemdikbud

Download Buku Pembelajaran H.O.T.S (Higher Order Thinking Skills)

Buku elektronik (ebook) ini sangat disarankan untuk dimiliki, dipelajari dan diterapkan oleh setiap guru sebagai pendidik dan pembelajar. Bukan hanya itu, setiap kepala sekolah/ madrasah dan pengawas juga wajib mengaplikasikan pengetahuan HOTS ini guna melakukan supervisi (akademik dan manajerial) maupun evaluasi.

Tautan: Ebook HOTS/ Higher Order Thinking Skills Kemdikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 - Madrasah Mandiri Berprestasi - Sponsored by MP3 NASYID